Jumat, 10 Agustus 2012

KONTRIBUSI PENERIMAAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN PONOROGO


RINGKASAN

            Dengan diberlakukannya otonomi daerah maka setiap daerah harus berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah guna membiayai pembangunan daerahnya. Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, bagian laba Badan Usaha Milik Daerah dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah. Pajak daerah dan retribusi daerah mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemerintahan daerah, khususnya di dalam melanjutkan pembangunan.

Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah; 1) adakah pengaruh secara signifikan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Ponorogo dan 2) Berapa besar kontribusi pajak daerah dan retribusi daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah.

 Model analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah model analisis regresi linier berganda. Data yang diambil berupa data penerimaan pajak daerah, retribusi daerah dan Pendapatan Asli Daerah per bulan selama tahun 2007-2010.

            Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Kontribusi retribusi daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah lebih besar dibandingkan dengan kontribusi pajak daerah. Untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah di Kabupaten Ponorogo perlu diadakan penambahan pengawasan, evaluasi, dan peningkatan perekonomian.

Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah.



SELENGKAPNYA:
HUBUNGI 085646816030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar