Jumat, 10 Agustus 2012

KONSEP PEMBELAJARAN CTL DALAM PERPSPEKTIF IBNU KHALDUN


 ABSTRAK
Renawati. 2008. Kegiatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. H. Sugihanto, M.Ag, (II) Basuki As’adie,M.Ag.
 
Berpijak pada perkembangan pemikiran tentang pembelajaran, yang mencoba untuk menciptakan anak didik yang berkompeten di mana konsep belajar tidak lagi suatu upaya untuk mengingat dan menghafalkan pengetahuan namun bagaimana suasana pembelajaran mendorong siswa untuk dapat “mengalami” dari apa mengetahui dengan bentuk hafalan. Mengalami merupakan bentuk alamiah yang dirasakan dan dilaksanakan sendiri oleh anak didik. Sehingga ia dapat memaknai permasalahan dalam belajarnya secara empiris, sesuai dengan pembelajaran Ibnu Khaldun dan masa sekarang. Konsep pembelajaran yang disebut dengan “Contextual Teaching and Learning (CTL)” adalah pembelajaran yang di dalamnya menerapkan filosofi “mengalami”. Dengan konsep belajar “mengalami” maka pembelajaran menjadi menyenangkan.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan pendekatan yang dapat diterapkan dalam segala ilmu pengetahuan baik ilmu umum atau agama. Dengan ini maka dikaji sebagai penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran CTL dalam perspektif Ibnu Khaldun, mengetahui pembelajaran Ibnu Khaldun, dan kegiatan pembelajaran CTL.
Dalam pengumpulan data dengan menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran CTL dan pembelajaran Ibnu Khaldun. Adapun metode analisis data dengan conten analisis dan induktif. Proses penelitian skripsi ini adalah mengkaji isi-isi buku kemudian disimpulkan. Penelitian ini termasuk dalam kategori kajian kepustakaan (library research) sehingga bahan pustaka merupakan sumber data utama.
Konsep pembelajaran CTL memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui peningkatan makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan konteks kehidupan sehari-hari sehingga menghasilkan manusia unggul yang ikut serta secara aktif dalam persaingan yang sehat untuk mencari yang terbaik. Dengan ini tujuan pembelajaran CTL sesuai dengan konsep Ibnu Khaldun sebab sama-sama membentuk potensi daya pikir anak didik untuk dapat memahami secara mendalam materi ajar dan mengalami sendiri apa yang ia pelajari dengan dunia nyatanya, sebagai manusia yang utuh untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
SELENGKAPNYA:
HUBUNGI 085646816030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar