Kamis, 09 Agustus 2012

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG SENAM HAMIL DENGAN MOTIVASI DALAM MELAKSANAKAN SENAM HAMIL


ABSTRAK

OLEH : RIZQA DWI NURAHMAWATI


Senam hamil merupakan terapi latihan gerak yang diberikan pada ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya baik persiapan fisik maupun mental untuk menghadapi dan mempersiapkan persalinan yang cepat, aman dan spontan. Pada saat ini pengetahuan ibu-ibu hamil tentang senam hamil masih sedikit sehingga kurang adanya motivasi ibu untuk melaksanakan senam hamil dikarenakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi adalah pengetahuan.
Penelitian diskriptif korelasi ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil dengan motivasi melaksanakan senam hamil. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan populasinya adalah ibu hamil yang melaksanakan senam hamil. Jumlah sampel ini adalah 30 responden dengan teknik sampling Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisa data menggunakan fisher exact.
Dari penelitian terhadap 30 responden : pada ibu hamil tentang senam hamil dengan motivasi dalam melaksanakan senam hamil didapatkan hasil pengetahuan baik motivasi tinggi (82%) 14 responden, berpengetahuan buruk motivasi rendah 7 (54%) responden, berpengetahuan baik tapi motivasi rendah 6 (40%), yang berpengetahuan buruk tapi motivasi tinggi 3 (18%) responden. Pada uji statistik diperoleh  hasil p= 0,039 kurang dari 0,05 yang berarti ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil dengan motivasi melaksanakan senam hamil.
Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya tentang hubungan antara motivasi ibu hamil dalam melaksanakan senam hamil dengan lamanya proses persalinan atau kendala saat persalinan.

Kata kunci : Pengetahuan, Ibu Hamil, Senam Hamil, Motivasi.


SELENGKAPNYA:
HUBUNGI 085646816030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar