Kamis, 09 Agustus 2012

PERSEPSI STAKEHOLDERS TERHADAP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH” (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 BALONG PONOROGO 2012)


ABSTRAK 

Oleh : ASNAWI YUDISTIRA 


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi antara stakeholders internal dan stakeholders eksternal terhadap transparansi pengelolaan keuangan sekolah dan untuk menganalisis perbedaan persepsi antara stakeholders internal dan stakeholders eksternal terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah. 

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru, karyawan, pengurus komite sekolah di sekolah yang menjadi obyek penelitian yaitu SMK N I Balong Ponorogo, juga peneliti APBS dari Dinas Dikpora Kabupaten Wonogiri, Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Ponorogo dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak atau peduli dengan bidang pendidikan. 

Teknik analisis dalam penelitian meliputi Uji validitas adalah suatu taraf di mana alat pengukur dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, sehingga suatu penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengukurnya perlu diuji validitasnya. Uji Reliabilitas dilakukan untuk mengukur konsistensi konstruk atau variabel penelitian. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Uji Normalitas data dilakukan untuk mengetahui apakah data terdistribusi secara normal atau tidak. 

Uji t bertujuan untuk membandingkan rata-rata dari dua grup yang tidak berhubungan satu dengan yang lain, apakah kedua grup tersebut mempunyai rata-rata yang sama ataukah tidak secara signifikan. Analisis statistik yang dilakukan menunjukkan penemuan :1) tidak adanya perbedaan rata–rata persepsi stakeholder (Internal dan Eksternal), terhadap transparansi pengelolaan keuangan SMK N I Balong Ponorogo, 2). Tidak adanya perbedaan rata-rata persepsi stakeholder (Internal dan Eksternal) terhadap Akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah pada SMK N I Kismantoro. 

Kata Kunci : Persepsi Stakeholder, Transparansi, Akuntabilitas, Pengelolaan Keuangan Sekolah
SELENGKAPNYA:
HUBUNGI 085646816030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar