Sabtu, 22 September 2012

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG NAPZA

ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG NAPZA PADA SISWA KELAS XI DI SMA PGRI 1 JOMBANG KABUPATEN JOMBANG 2010.

Penggunaan NAPZA sekarang ini banyak dilakukan oleh remaja. Dari data yang diperoleh didapat peningkatan kasus penggunaan NAPZA di Indonesia sebesar 29 %. Kabupaten Jombang didapat 44 kasus pada tahun 2009. Salah satu yang mempengaruhi remaja menggunakan NAPZA adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap remaja tentang NAPZA pada siswa kelas XI di SMA PGRI 1 Jombang.

Desain penelitian ini adalah analitik Korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, sampel sebagian siswa kelas XI SMA PGRI 1 Jombang sebanyak 195 responden, dengan teknik simple random sampling, dan uji statistik dengan Spearman rank.

Berdasarkan hasil analisa dan interpretasi data didapatkan 59,0% responden mempunyai sikap positif, 56,9% orang tua responden mempunyai pola asuh positif, dan 41,1% responden mempunyai sikap dan pola asuh orang tua yang positif. Setelah dilakukan uji statistik dengan spearman rank dengan menggunakan SPSS didapatkan bahwa (0,00) lebih kecil dari (0,05), maka H1 diterima atau H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap remaja tentang NAPZA pada siswa kelas XI di SMA PGRI 1 Jombang.

Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan sikap remaja tentang NAPZA di SMA PGRI 1 Jombang sebagian besar adalah positif dan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap remaja tentang NAPZA di SMA PGRI 1 Jombang. Disarankan bagi institusi pendidikan untuk memberikan informasi tentang NAPZA pada remaja dengan cara memasukkannya kedalam sistem pembelajaran. Orang tua hendaknya memberikan pola asuh yang demokratis pada anak sehingga anak dapat mengerti hal positif dan negatif tentang NAPZA. Dengan diberikan informasi dan pola asuh yang tepat diharapkan angka penyalahgunaan NAPZA pada kalangan remaja bisa ditekan dan bahkan bisa dihilangkan.

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Remaja, Sikap, NAPZA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar