BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Permasalahan
Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia
terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang
bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang
ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena
itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi
persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan
dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, mengadakan promosi dan
mendistribusikan barang dengan efektif.
Pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan
menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk
masing-masing individu. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat
memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen
untuk mendapatkan atau memilih produk.
Produk air minum merk aqua sebagaimana diketahui
adalah salah satu produk air minum yang semakin lama semakin banyak digemari
masyarakat karena diambil dari sumber mata air yang bersih dan jernih dengan
beberapa kali proses penyaringan sehingga sehat untuk dikonsumsi dan baik untuk
mengganti cairan dalam tubuh. Demikian juga bagi kalangan masyarakat yang
sebagian besar berdomisili di kota
Situbondo, produk ini merupakan produk yang biasa dikonsumsi karena harganya
yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya menyehatkan tubuh.
Dengan semakin banyaknya air minum yang ada di pasaran
berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai
dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis
perilaku konsumen air minum untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan
banyaknya merk air minum yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing
mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya
mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam
mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat
diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.
Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan
sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri
konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku
konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Dari
uraian tersebut di atas maka judul penelitian ini adalah: Analisis Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air
Merk Aqua Pada UD. BIMA (Studi Pada Konsumen Air Minum Merk Aqua Masyarakat
Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo).
I.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas
dapat ditarik perumusan masalah sebagai berikut:
- Bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial/terpisah terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk air minum merk aqua?
- Bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/bersama-sama terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua?
- Dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis diatas, faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua?
I.3. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka
dapat disusun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
- Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial/terpisah terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua.
- Untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/bersama-sama terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua.
- Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk air minum merk aqua.
SELENGKAPNYA:
Mas tolong kasih lengkapnya dong... saya lagi butuh banget nih
BalasHapus