Jumat, 10 Agustus 2012

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MERK AQUA PADA UD. BIMA


BAB I
PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Permasalahan
Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, mengadakan promosi dan mendistribusikan barang dengan efektif.
Pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk masing-masing individu. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk.
Produk air minum merk aqua sebagaimana diketahui adalah salah satu produk air minum yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena diambil dari sumber mata air yang bersih dan jernih dengan beberapa kali proses penyaringan sehingga sehat untuk dikonsumsi dan baik untuk mengganti cairan dalam tubuh. Demikian juga bagi kalangan masyarakat yang sebagian besar berdomisili di kota Situbondo, produk ini merupakan produk yang biasa dikonsumsi karena harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya menyehatkan tubuh.
Dengan semakin banyaknya air minum yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen air minum untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merk air minum yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.
Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Dari uraian tersebut di atas maka judul penelitian ini adalah: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Merk Aqua Pada UD. BIMA (Studi Pada Konsumen Air Minum Merk Aqua Masyarakat Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo).

I.2. Perumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas dapat ditarik perumusan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial/terpisah terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk air minum merk aqua?
  2. Bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/bersama-sama terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua?
  3. Dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis diatas, faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua?
I.3. Tujuan Penelitian
  Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dapat disusun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis  secara parsial/terpisah terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua.
  2. Untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/bersama-sama terhadap keputusan untuk membeli produk air minum merk aqua.
  3. Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk air minum merk aqua.
SELENGKAPNYA:
HUBUNGI 085646816030

1 komentar:

  1. Mas tolong kasih lengkapnya dong... saya lagi butuh banget nih

    BalasHapus